Oleh: azzamudin | Maret 12, 2012

Rumah Mbah Kerto Pawiro ,Kenangan dahulu dan Sekarang

Rumah mbah Kerto Pawiro atau mbah Sinem sekitar tahun delapan puluhan depan

GbRumah mbah Kerto Pawiro yang saat ini sepi tinggal Lik Surip dan mabh Padmo Kido

Rumah mbah Kerto Pawiro atau mbah Sinem amai dengan hiruk pikuk keluarga besar mbah Sinem atau mbah Kerto Pawiro. Ada kang Sangadi,kang Sugeng ,kang Sagi ,kang Gito kang Sarmin almarhum mbak Sakiyah,mbak Sakiyem mbak Samiyem dan sebagainya.

Sore hari dengan kang Sagi dan mas Gito nggoreng thiwul dan dimakan bersama terasa nikmat .mbah Kerto Pawiro atau Kerto Dhungul menikmati teh pahit di kamar tengah dengan mendengarkan radio merk NATIONAL berbaterai empat yang sudah mewah untuk ukuran saat itu.

Seperangkat Gamelan masih berada di ruang tengah yang kadang-kadang masih dipaai untuk sepel remaja -remaja saat itu seperti lik Tir Supo dan kawan -kawan.

Tiada hari tanpa keramaian, mbak Sakiyah sambil membawa JUN untuk mengambil air di sumur tua milik mbah Sinem ,mampir ngobrol dengan biyung ( mbah Sinem ) sambil nyambel bawang lalap mandhing dengan nasi thiwul dan gorengan kedelai dari wingko.

Tahun demi tahun  dengan berjalannya waktu semua pergi meninggalkan rumah mbah Sinem, kang Sangadi pulang ke Wareng dan menikah, kang Sugeng menikah dan berpisah dari biyung, kang Sagi ke Bandung, kang Gito ke Cirebon, mbak Sakiyem ke Purworejo dan sebagainya.

Mbah Kerto Dhungul akhirnya dipanggil Allah SWT ,rumah menjadi semakin sepi.Dan mbah Sinem pun menyusul mbah Kerto Dhungul, kemudian tinggal Lik Surip dan mbah Kido yang sudah ditinggalkan dik Titik Yulianti karena domisili di Jakarta, Saripun kemudian menikah dan lebih banyak di Nglipar karena suaminya juga anak tunggal.

Tinggal kini Lik Surip dengan mbah Kido sendiri, rumah yang dulu sangat ramai sekarang menjadi sangat Sepi apalagi di siang hari betul-betul tidak ada yang menempati. Sepi…..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: